stick right bottom

SPOTLIGHT

Mahasiswa PIN berasal dari seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Timur. Siswa yang ingin menjadi mahasiswa PIN harus mempunyai interests tinggi sebagai kader-kader pemerintahan atau tenaga pamong. Persyaratan lain adalah punya intelektualitas tinggi, memiliki kondisi kejiwaan dan fisik yang sehat, serta memenuhi persyaratan administrasi lainnya yang ditentukan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota pengirim, Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.

Untuk menghasilkan tenaga-tenaga pamong yang tangguh dan berkualitas maka prosedur dan syarat pendaftaran dirancang sedemikian rupa, yang berbeda dengan pola penerimaan mahasiswa baru di Universitas Mulawarman pada umumnya.

Calon mahasiswa baru diwajibkan mendaftar di daerah masing-masing melalui Kantor Pemerintah Kota/Kabupaten, Badan Kepegawaian (BKD) Kabupaten/Kota, atau Dinas/Badan/lembaga lain yang ditugaskan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota. Jika lulus dalam seleksi administrasi, calon mahasiswa akan mengikuti tes kesehatan, tes kesamaptaan, tes psikologis, dan test akademik. Jadwal pasti dan syarat-syarat pendaftaran calon mahasiswa akan diumumkan di kantor-kantor Pemerintah atau BKD Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur, Pemerintah atau Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Kalimantan Timur, sekretariat/kampus PIN, website PIN, atau media lokal.

Kegiatan Pendidikan Mahasiswa

Pelaksanaan pendidikan yang diberikan kepada mahasiwa Program S1 Pemerintahan Integratif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman meliputi bidang pengajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat, pelatihan, dan pengasuhan.

Bidang pendidikan dan pengajaran adalah satuan pelaksana pendidikan dalam proses alih ilmu pengetahuan dan olah pikir. Mahasiswa PIN mengikuti kegiatan ini dengan mengikuti perkuliahan.

Bidang penelitian dan pengembangan adalah satuan pelaksana pendidikan yang melaksanakan pembinaan, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui kegiatan penelitian. Hal ini dilakukan antara lain dengan penyusunan skripsi.

Bidang pelatihan adalah satuan pelaksana pendidikan dalam proses alih ketrampilan, keahlian dan seni. Mahasiswa PIN mengikuti kegiatan ini dengan mengikuti kegiatan mata kuliah praktikum, magang di Kabupaten/Kota, OJT, kegiatan minat bakat (olahraga, seni, multimedia, dsb).

Bidang pengasuhan adalah satuan pelaksana pendidikan dalam proses pembentukan kepribadian, kedisiplinan, kepemimpinan, dsb. Hal ini dilakukan dengan mengikuti program pengasramaan, pembinaan disiplin dan kepribadian, organisasi kemahasiswaan, dsb.

Jumlah Mahasiswa

Jumlah mahasiswa Program S1 Pemerintahan Integratif berdasarkan angkatan dan jenis kelamin  adalah sebagai berikut.

Angkatan

Tahun

Laki-laki

Perempuan

Jumlah

I

2005

89

43

132

II

2006

29

21

50

III

2007

33

11

44

IV

2008

30

15

45

V

2009

26

11

37

VI

2010

31

9

40

VII

2011

36

11

47

VIII

2012

26

23

49

IX

2013

32

27

59

X

2014

 32  26  58
     332  171

503