stick right bottom

SPOTLIGHT

Apakah website ini memakai dual language?
Ya. Dual language (dua bahasa) yang dipakai adalah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Default-nya adalah Bahasa Indonesia; artinya, jika pengunjung mengakses web ini -- terutama pertama kalinya -- maka yang akan tampil adalah yang berbahasa Indonesia. Agar berganti ke yang berbahasa Inggris, klik "English" di pojok kiri atas. Sebaliknya, jika ingin ke yang berbahasa Indonesia, klik "Indonesian" di pojok kanan atas. Mengenai bagian-bagian mana saja yang berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris, lihat site map (peta situs) di link "Map".

Apa itu PIN? Kapan PIN didirikan?
PIN adalah singkatan dari Pemerintahan Integratif. PIN merupakan program Strata Satu (S1) di Universitas Mulawarman (Fisip Unmul). Dalam proses pendirian dan pendidikannya, Universitas Mulawarman dan Fisip Unmul bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Pemkab/Pemkot se-Kalimantan Timur. Ide awal dan pembahasan pendirian PIN dimulai tahun 2003. Pada tahun 2004 PIN secara resmi didirikan dengan membuka pendaftaran dan seleksi mahasiswa baru. Pada tahun 2005, angkatan pertama telah memulai perkuliahan.

Apa tujuan pendirian PIN?
Pendirian PIN memiliki beberapa tujuan. Yang utama adalah mencetak kader-kader dan praktisi pemerintahan di Kalimantan Timur?

Apa syaratnya untuk menjadi mahasiswa PIN?
Calon mahasiswa harus mempunyai minat tinggi sebagai kader-kader pemerintahan. Persyaratan lain adalah punya intelektualitas tinggi, memiliki kondisi kejiwaan dan fisik yang sehat, serta memenuhi persyaratan administrasi lainnya yang ditentukan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota pengirim, Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Syarat teknis lainnya bisa dilihat di link Penerimaan Mahasiswa Baru.

Apa benar penerimaan mahasiswa di PIN melalui sistem gugur?
Ya, benar. Ada lima tahap dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru, yakni seleksi administrasi, tes psikologi, tes kesamaptaan (latihan fisik), test kesehatan, dan test akademik. Di setiap tahap penerimaan diterapkan sistem gugur; maksudnya, jika calon mahasiswa tidak lulus di tahap sebelumnya maka dia tidak boleh mengikuti seleksi tahap berikutnya alias gugur.


Apakah penerimaan mahasiswa baru PIN bersamaan dengan penerimaan mahasiswa pada umumnya di Universitas Mulawarman (Unmul)?
Karena proses penerimaannya cukup panjang (lima tahap seleksi) sementara jadwal mulai masuk bersamaan dengan mahasiswa baru Unmul secara keseluruhan, maka proses pendaftaran dan penerimaan mahasiswa PIN dilakukan jauh sebelumnya dibandingkan dengan penerimaan mahasiswa di Unmul pada umumnya.

Mengapa di foto-foto ada mahasiswa yang berseragam putih biru sementara yang lainnya berseragam abu-abu kecoklatan?
Pakaian seragam putih-biru adalah pakaian seragam untuk mahasiswa yang baru saja diterima (mahasiswa baru). Pakaian seragam ini adalah pakaian seragam sementara sebelum mereka mendapatkan pakaian seragam yang sebenarnya, yang berwarna abu-abu kecoklatan tersebut. Pakaian seragam abu-abu kecoklatan ini sering disebut sebagai pakaian seragam (dinas) harian mahasiswa PIN.

Berapa umur minimal untuk menjadi mahasiswa PIN?
Sepanjang calon mahasiswa lulusan SMU atau MA, mereka diperkenankan mendaftar (tidak ada pembatasan umum minimal). Yang ada adalah pembatasn umur maksimal, yakni 21 tahun.

Apakah PNS di Kaltim boleh mendaftar menjadi mahasiswa PIN, dan apakah ada pembatasan umur?
Boleh, asalkan mendapat rekomendasi/ijin dari pemerintah daerah setempat. Oleh karena Capeg memerlukan waktu untuk menjadi PNS dan juga diwajibkan menunggu dan mengikuti pra-jabatan, maka ada dispensasi batasan umur untuk calon mahasiswa dari PNS, yakni 24 tahun.

Apakah mahasiswa PIN diasramakan?
Ya. Selama kurun waktu tertentu mahasiswa PIN wajib tinggal di asrama.

Apakah selama di asrama dapat makan?
Ya. Tiga kali sehari.

Apakah selama liburan boleh tinggal di asrama? Selama liburan semester (kurang lebih satu bulan), mahasiswa wajib mengalokasikan waktunya selama 10 hari kerja untuk melakukan kegiatan magang di kantor-kantor pemerintah daerah atau DPRD masing-masing. Dengan kata lain, selama liburan mahasiswa akan pulang ke daerahnya masing-masing dan baru kembali ke asrama menjelang mulai masuk pada semester berikutnya.

Apa maksudnya magang dan bagaimana pelaksanaannya?
Magang adalah kegiatan mempraktekkan ilmu yang didapat di bangku kuliah untuk diterapkan langsung di kantor-kantor eksekutif dan legislatif daerah di Kalimantan Timur. Di sini mahasiswa dilatih untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan kantor dan pelayanan langsung kepada masyarakat. Setiap mahasiswa PIN wajib melakukan magang setiap semester (I-VII) selama 10 hari kerja.

Apa itu On-the-Job Training?
On-the-Job Training (OJT) mirip dengan magang, tapi waktunya lebih lama dan jenis pekerjaan lebih mendalam dan lebih terspesialisasi. Pada semester kedelapan (VIII), mahasiswa PIN wajib melakukan OJT selama 40 hari kerja, sebagai pengganti KKN.

Fasilitas apa saja yang ada di PIN?
Fasilitas yang ada di PIN bisa dilihat di link Fasilitas atau "Facilities."

Di mana lokasi PIN?
PIN berada di tengah-tengah kota Samarinda, ibukota Propinsi Kalimantan Timur. Untuk info lebih lengkap. lihat alamat dan posisinya di link Kontak dan Map (peta).

Kami punya pertanyaan lain yang jawaban atau informasinya sepertinya tidak ada di web ini. Bagaimana caranya mendapatkan informasi tersebut?
Silahkan lakukan pencarian dokumen, informasi, atau berita di kotak "Cari" atau "Search" dengan memasukkan kata kunci (keyword) tertentu.

Sewaktu memasukkan kombinasi beberapa kata kunci, hasilnya eror atau hasil pencarian tidak ada yang tampil. Bagaimana caranya melakukan pencarian? Apakah PIN bisa dihubungi?
Coba dengan satu kata kunci. Jika hasilnya tetap nihil (informasi tidak diketemukan), PIN bisa dihubungi lewat telepon, fax, surat, email, dan website (formulir kontak). Lihat infonya di link Kontak.