stick right bottom

SPOTLIGHT

plang pinJika anda ingin meniti karir di pemerintahan di Provinsi Kalimantan Timur, mulai dari staf level menengah sampai  pejabat, maka Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN) Fisip Universitas Mulawarman yang berlokasi di tengah kota Samarinda adalah tempat pendidikannya.

Hal tersebut bisa dipahami karena Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN) memiliki visi untuk menjadi center of excellence dalam penyelenggaraan pendidikan tenaga kepamongan, serta mempunyai misi untuk mencetak tenaga-tenaga pamong yang handal, kompeten, tangguh, dan profesional dalam menangani permasalahan-permasalahan pemerintahan dan dalam memberikan pelayanan kepada publik.

Untuk hal dimaksud, PIN memakai konsep Integratif dalam penyelenggaraan pendidikan kepemerintahan, yakni pengintegrasian proses belajar mengajar yang diproyeksikan untuk menghasilkan output lulusan yang punya kemampuan intelektual yang tinggi, kemampuan praktis yang mumpuni, serta sikap dan perilaku yang bijak, berwibawa, dan professional sebagai seorang pamong. Dengan konsep ini, mahasiswa diwajibkan mengikuti tiga proses pembelajaran yang saling terkait. Pertama, mahasiswa dididik untuk memahami teori-teori dan analisis-analis kasus dari mata kuliah diajarkan. Kedua, mahasiswa dididik untuk memiliki kemampuan praktis (skills) dalam penyelenggarakan pemerintahan, penyelesaian masalah-masalah pemerintahan, dan pemberian pelayanan kepada publik. Hal ini dilakukan dengan cara magang setiap tahun dan OJT (on the job training) menjelang akhir masa studinya di instansi-instansi pemerintahan,. Ketiga, mahasiswa dididik untuk bersikap dan berperilaku yang bijak, berwibawa, dan professional sebagai seorang pamong.

Guna menghasilkan output lulusan sebagaimana dimaksud, PIN memakai model pengasramaan dalam proses pendidikannya. Dalam model ini, mahasiswa diasramakan untuk jangka waktu tertentu, khususnya untuk membentuk sikap, perilaku, dan disiplin sebagai seorang pamong.

Dengan model pendidikan seperti itu maka lulusan yang dihasilkan sudah siap pakai untuk ditempatkan di instansi-instansi pemerintahan. Karirpun akan terbuka sebagai praktisi pemerintahan.