stick right bottom

SPOTLIGHT

Sejak didirikan pada tahun 2004 sampai saat ini, sudah banyak alumni yang dihasilkan oleh Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN). Deskripsi, info, dan jaringan alumni PIN diuraikan di bawah ini.

Intro

alumnitogaProgram S1 Pemerintahan Integratif (PIN) didirikan pada tanggal 18 September 2004 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Mulawarman Nomor 250A/OT/2004 tentang Pembukaan Program Sarjana (S.1) Pemerintahan Integratif (PIN) Universitas Mulawarman (tertanggal 18 September 2004) serta dikukuhkan dengan Piagam Kerjasama antara Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Kalimantar Timur, tertanggal 23 Desember 2004-17 Januari 2005 (tanggal penandatanganan dari masing-masing Pemkab/Pemkot se-Kaltim dan Pemprov Kaltim). Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru dimulai dari September 2004 sampai Januari 2015, dan mahasiswa yang lulus seleksi mengikuti perkuliahan mulai Februari 2015 (mulai Semester Genap). Dengan demikian, Angkatan I mahasiswa PIN adalah Angkatan 2004/2005. Untuk menyamakan jadwal penerimaan mahasiswa baru dan jenis semester (Ganjil-Genap) dengan program pendidikan reguler Universitas Mulawarman, maka proses penerimaan mahasiswa baru berikutnya diadakan mulai April 2006, dan yang lulus seleksi mulai masuk asrama pada bulan Juni/Juli 2006 (mulai Semester Ganjil). Sampai saat ini (April 2015), sudah ada 10 Angkatan mahasiswa PIN, yakni Angkatan 2004/2005, 2006, 2007, 2008, 2009, 2010, 2011, 2012, 2013, 2014.

Dari angkatan-angkatan mahasiswa tersebut, banyak alumni yang telah dilahirkan. Alumni-alumni ini sekarang tersebar di Pemkab/Pemkot se-Kaltim/Kaltara, telah menduduki jabatan-jabatan bereselon, memiliki organisasi alumni, serta dimilikinya jaringan komunikasi antar alumni.

Jumlah Alumni

totalKetika sebagian besar Angkatan I (2004/2005) menyelesaikan studinya, BKD Provinsi Kalimantan Timur dan Universitas Mulawarman menyelenggarakan acara Penyerahan Lulusan Program S1 PIN pada tanggal 5 Februari 2009. Dalam acara tersebut, Rektor Universitas Mulawarman menyerahkan lulusan kepada Gubernur Kalimantan Timur. Gubernur Kalimantan Timur  kemudian menyerahkan kepada 13 Bupati/Walikota yang ada di Kalimantan Timur. Acara ini diselenggarakan di Kantor Gubernur Kalimantan Timur  dan dihadiri oleh jajaran Pemprov Kaltim dan Pemkab/Pemkot se-Kaliamantan Timur serta undangan lainnya, termasuk jajaran Pemprov Kalimatan Barat dan Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Tanjung Pura Kalimantan Barat (yang ketika itu berencana mendirikan program serupa PIN, dan akhirnya terealisasi beberapa waktu kemudian).

Pada acara penyerahan tersebut, jumlah lulusan Angkatan I yang diserahkan adalah 105 orang. Sisanya -- ketika itu -- masih dalam tahap akhir penyelesaian studi (menunggu Seminar II dan Ujian Skripsi/Pendadaran), sebagaimana bisa dilihat dalam tabel berikut:

Tabel 1. Lulusan dan Kemajuan Studi Mahasiswa PIN Angkatan I  sampai Tanggal 5 Februari 2009

No

Kabupaten/Kota

Jumlah Mhs

Lulus

Seminar

I

II

1

Berau

5

4

0

1

2

Bulungan

8

7

1

0

3

Kutai Barat

4

4

0

0

4

Kutai Timur

11

7

2

2

5

Kutai Kartanegara

20

17

1

2

6

Malinau

6

5

0

1

7

Nunukan

7

6

0

1

8

Paser

11

11

0

0

9

Penajam Paser Utara

10

8

1

1

10

Kota Balikpapan

14

10

3

1

11

Kota Bontang

4

4

0

0

12

Kota Samarinda

22

14

4

4

13

Kota Tarakan

10

8

1

1

   

132

105 13 14

Dari tabel di atas terlihat bahwa sampai dengan tanggal 5 Februari 2009, dari jumlah mahasiswa PIN Angkatan I sebanyak 132 orang, jumlah yang sudah lulus adalah 105 orang (79,55 %) sementara yang masih menunggu proses akhir penyelesaian skripsi adalah sebanyak 27 orang (20,45 %).

Dalam perjalanannya, dari 132 mahasiswa Angkatan I, sebanyak 131 mahasiswa berhasil menyelesaikan studinya, sementara satu orang -- karena sesuatu dan lain lain --  tidak melanjutkan studinya. Di tahun-tahun berikutnya, semakin banyak alumni yang dilahirkan, yang jumlahnya direkapitulasi dalam tabel di bawah ini.

 Tabel 2. Jumlah Alumni Program S1 Pemerintahan Integratif Berdasarkan Angkatan dan Jenis Kelamin 

Angkatan

Tahun Masuk

Laki-laki

Perempuan

Jumlah

I

2005

88

43

131

II

2006

29

21

50

III

2007

33

11

44

IV

2008

30

15

45

V

2009

26

11

37

VI

2010

27

9

36*

VII

2011

31

10

41*

     264  120

384*

Keterangan:  * Data sampai tanggal 22 Mei 2015.

 

Bidang Kerja & Karir Alumni

occupationBidang kerja para alumni Program S1 Pemerintahan Integratif adalah di pemerintahan, baik pada Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kaltim/Kaltara maupun Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Penempatan mereka tersebar di Sekretariat Daerah, Badan Kepegawaian Daerah, Dinas-DInas Daerah, Bagian Pemerintahan Umum, Kantor Camat, Kantor Kelurahan, dan lain sebagianya. Sebagian diantaranya menjadi Ajudan Bupati, Ajudan Sekretaris Daerah, Ajudan Kepala Dinas, dan lain sebagainya. Sampai Mei 2015, jenjang kepegawaian/jabatan mereka sudah banyak yang menempati jabatan bereselon, terutama sebagai Kepala Sub-Bagian dan Kepala Seksi.  Dengan basis keahlian sebagai analis tatapraja dan kader-kader kepamongan, karir para alumni PIN cukup cerah di Pemerintah Kabupaten/Kota dimana mereka ditugaskan. Perlu juga dicatat bahwa sebagian alumni PIN ada yang bekerja dan berkarir di BUMN.

Diaspora Alumni

diasporaMahasiswa PIN dikirim oleh Pemerintah Kabupaten/Kota dimana mahasiswa tersebut berasal untuk studi di Program S1 Pemerintahan Integratif atas biaya Pemerintah Kabupatenb/Kota dimaksud. Setelah mereka menyelesaikan studinya, mayoritas di antara mereka ditarik ke daerah asal mereka untuk direkrut di sana. Oleh karenanya, diaspora alumni Program S1 PIN tersebar Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara serta di Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur dan se-Kalimanan Utara. Mereka bermukim, bekerja dan berkarir di Kabupaten Berau, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten  Kutai Kartanegara, Kabupaten Paser, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Mahakam Ulu,  Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kota Samarinda, Kota Tarakan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Tanah Tidung, Provinsi Kalimantan Timur (Samarinda), dan Provinsi Kalimantan Utara.

Organisasi Alumni

organizationPara alumni Program S1 PIN memiliki organisasi alumni bernama Ikatan Keluarga Alumni Pemerintahan Integratif (IKA PIN). Ikatan alumni ini dibentuk, diorganisir, dan digerakkan oleh para alumni yang tersebar di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Ketua dan Pengurus IKA PIN bertugas mendata para anggotanya, mengupdate informasi para anggotanya, menyebarkan informasi-informasi kepada para anggotanya. Dalam kegiataannya, IKA PIN selalu berkooordinasi dengan Program S1 PIN. Peran IKA PIN atau anggota IKA PIN cukup besar dalam menyebarkan informasi bermanfaat kepada para anggotanya serta dalam membantu adik-adiknya yang baru lulus (fresh-graduate) atau yang masih berstatus mahasiswa, seperti menjadi penghubung dengan Pemerintah Kabupaten/Kota terkait, serta memfasilitasi kegiatan magang dan OJT (KKN) mahasiswa PIN.

Networking

alumninetworkPara alumni Program  S1 Pemerintahan Integratif (PIN) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman yang tergabung dalam wadah Ikantan Keluarga Alumni Pemerintahan Integratif memiliki jaringan alumni untuk bisa selalu berkomunikasi dengan cepat dan efisien, salah satunya adalah media social Facebook di alamat ....
Untuk mensinergikan komunikasi antar alumni dan antara almamater (PIN) dengan alumni, terutama untuk tujuan update informasi terbaru kepada alumni, telah dibuatkan Facebook Page PIN. Menurut Facebook, "A Facebook page is a public profile specifically created for businesses, brands, celebrities, causes, and other organizations. Unlike personal profiles, pages do not gain "friends," but "fans" - which are people who choose to "like" a page." Alamat/URL Facebook Page dari PIN adalah https://www.facebook.com/PinFisipUnmul

Juga, telah dibuatkan account Twitter untuk tujuan yang sama, alamatnya di https://twitter.com/PinFisipUnmul (atau @PinFisipUnmul untuk mobile App.). Kedua account tersebut (Facebook & Twitter PIN) terkoneksi dengan web ini. Semua berita/info terbaru yang ada di web PIN ini (www.pin.or.id) akan tampil di Facebook & Twitter PIN tsb. Untuk itu, jika para alumni tetap ingin mendapatkan info-info terbaru dari PIN, silakan subscribe atau menjadi follower di kedua account tsb. Untuk alumni pengguna twitter, jika ngetwit ke PIN gunakan @PinFisipUnmul, jika ingin diskusi atau twitnya ingin dishared ke alumni lain gunakan hashtag/tagar #PinFisipUnmul. Para calon mahasiswa baru bisa juga mencari informasi di tagar #PinFisipUnmul, dan para alumni bisa berkontribusi pada almamater di tagar tsb..

Foto-Foto Alumni

facemash maleDi sini bisa dilihat foto-foto alumni ketika menjadi mahasiswa PIN, yang dibagi ke dalam kelompok putra dan putri. Yang tampil di sini berasal dari web Himapin (hima.pin.or.id), web yang sedang digarap mahasiswa yang masih aktif kuliah (Hima & eGov). Menurut web Himapin, untuk melihat foto-foto tersebut, silakan ikuti permainan facemash dengan cara memilih/mengklik salah satu foto pilihan anda (dua foto besar di bagian atas akan tampil secara random). Di bagian bawah akan tampil foto-foto 10-besar (Top Ten) yang mendapat skor/rating tertinggi (rangking 1-10) yang berasal dari hasil klik tersebut.  Kriteria pemilihan diserahkan kepada anda. Berapa kali anda mau memilih/mengklik juga diserahkan kepada anda. Kata web Himapin, "This is just for fun." Foto-foto dari angkatan lain menyusul. [Data update lihat di sini]

Mahasiswa PIN Angkatan I (2004/2005) - Putra

Jumlah mahasiswa PIN Angkatan I (2004/2005) yang menyelesaikan studinya adalah 131 orang, terdiri dari 88 putra dan 43 putri. Di sini terdapat 88 foto mahasiswa (putra). Untuk melihat foto-foto lain, pilih/klik salah satu foto yang tampil. Anda boleh memilih lebih dari satu kali sampai foto yang anda cari tampil.

Mahasiswa PIN Angkatan I (2004/2005) - Putri

Jumlah mahasiswa PIN Angkatan I (2004/2005) yang menyelesaikan studinya adalah 131 orang, terdiri dari 88 putra dan 43 putri. Di sini terdapat 43 foto mahasiswi (putri). Untuk melihat foto-foto lain, pilih/klik salah satu foto yang tampil. Anda boleh memilih lebih dari satu kali sampai foto yang anda cari tampil.