stick right bottom

News Flash

  1. Intro
  2. Visi Misi
  3. Pengelolaan
  4. Model
  5. Jalur Admisi Maba
  6. SPP
  7. Masa Studi
Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN) adalah program pendidikan tingkat sarjana di bidang pemerinahan/kepamongan yang dibentuk melalui kerjasama (Program Kerjasama) antara Universitas Mulawarman dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) dengan Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur. Tujuan dari pembentukan program ini adalah mencetak kader-kader praktisi pemerintahan atau tenaga-tenaga kepamongan guna memenuhi kebutuhan akan praktisi-praktisi pemerintahan di Kalimantan Timur. Program pendidikan yang dibentuk menjelang akhir 2004 ini mulai menerima mahasiswa baru sejak tahun 2005 (Angkatan I).
Setiap organisasi yang memiliki tujuan mulia, pasti memiliki Visi dan Misi. Visi dan Misi akan menjadi pedoman, panduan, arahan dari organisasi dimaksud dalam melakukan kegiatan-kegiatannya. Visi dari Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN) adalah menjadi center of excellence dalam penyelenggaraan pendidikan tenaga kepamongan. Sedangkan misi dari PIN adalah mencetak tenaga-tenaga pamong yang handal, kompeten, tangguh, dan profesional dalam menangani permasalahan-permasalahan pemerintahan dan dalam memberikan pelayanan kepada publik.
Pelaksanaan Program S1 Pemerintahan Integratif memakai pola kemitraan antara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur dan Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman bertanggung jawab sepenuhnya dalam urusan-urusan akademik, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur sebagai pengirim mahasiswa untuk studi di PIN, sedangkan Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur sebagai fasilitator dari Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur dan penyelenggara pengasramaan mahasiswa.
PIN memakai konsep Integratif dalam penyelenggaraan pendidikan kepemerintahan, yakni pengintegrasian proses belajar mengajar guna menghasilkan output lulusan yang punya kemampuan intelektual yang tinggi, kemampuan praktis yang mumpuni, serta sikap dan perilaku yang bijak, berwibawa, dan professional sebagai seorang pamong. Dengan konsep ini, mahasiswa diwajibkan mengikuti tiga proses pembelajaran. Pertama, mahasiswa dididik untuk memahami teori-teori dan analisis-analis kasus dari mata kuliah yang diajarkan. Kedua, mahasiswa dididik untuk memiliki kemampuan praktis dalam penyelenggarakan pemerintahan, penyelesaian masalah, dan pemberian pelayanan publik. Ketiga, mahasiswa dididik untuk bersikap dan berperilaku disiplin, profesional, dan bijak.
Dalam sistem penerimaan mahasiswa baru (Admisi Maba, Student Admission) pada Program S1 PIN, ada dua jalur yang ditawarkan. Pertama, Jalur Pemda. Dalam hal ini Pemkab/Pemkot se-Kaltim mengirim atau menominasikan calon mhs baru ke PIN untuk diseleksi. Jika lulus, maka semua pembiayaan ditanggung oleh Pemkab/Pemkot dan Pemprov. Kedua, sejak 2012, PIN menawarkan jalur perorangan untuk calon mhs baru terutama dari Pemkab/Pemkot yang tidak mengirim calon peserta. Namun demikian, calon peserta dimaksud wajib membawa surat rekomendasi dari Pemkab/Pemkot terkait dan bersedia membayar sendiri SPPnya . Dalam masa studi, mahasiswa jalur perorangan bisa mengajukan permohonan beasiswa ke lembaga pemberi beasiswa.
Jumlah SPP pada Program S1 PIN adalah Rp 9.000.000/semester atau Rp 1.500.000/bulan. Untuk mahasiswa dari Jalur Pemda, SPP mhs tsb ditanggung Pemerintah Kabupaten/Kota asalnya. Untuk mahasiswa Jalur Perorangan, ybs wajib membayar sendiri SPP sebesar itu. Ketika telah diterima di PIN, semua mhs (termasuk yang dari jalur perorangan) tidak perlu membayar biaya kost dan makan (karena tinggal di asrama dgn sajian makan 3x sehari). Biaya OJT/KKN, yudisium, dan wisuda akan dibayarkan oleh PIN. Bahkan PIN memberi uang saku/biaya penelitian untuk mahasiswa yang melakukan OJT/KKN dan penulisan skripsi. Selain itu, semua mahasiswa akan mendapat kesempatan untuk mengikuti studi tour atau studi lapangan ke Jawa, Bali, dsb yang biayanya ditanggung oleh PIN.
Masa pendidikan mahasiswa Program S1 Pemerintahan Integratif didisain untuk berlangsung selama 8 (delapan) semester. Dalam Kurikulum Program S1 PIN, mata kuliah teori dirancang hanya berlangsung selama 7 semester, sementara sisanya satu semester lagi untuk OJT/KKN dan penulisan skripsi. Dalam kurun 7 semester tersebut, mahasiswa PIN juga mendapatkan mata kuliah praktek di kampus dan di luar kampus. Dalam pada itu, setiap tahun (dalam kurun 7 semester tersebut, ketika libur semester) mahasiswa melakukan praktek magang di kantor-kantor pemerintahan di tempat asal mahasiswa ybs. Walaupun kegiatan-kegiatan perkuliahan, magang, dan kemahasiswaan cukup padat, banyak mahasiswa yang bisa menyelesaikan studinya di bawah 4 tahun (3 thn 9 bln, 3 thn 10 bln). .